Jumat, 24 April 2009

CARPAL TUNNEL SYNDROME

BULETIN FISIOTERAPI

CARPAL TUNNEL SYNDROME

STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP 2007-2008

CARPAL TUNNEL SYNDROM / SINDROMA TEROWONGAN KARPAL

WASPADAI penyakit carpal tunnel syndrome (CTS). Penyakit ini menyerang saraf tangan yang menyatu di bagian pergelangan tangan dan menyebabkan nyeri. Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Penyakit ini perlu diwaspadai apalagi bagi Anda yang sering menggunakan komputer atau handphone dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi pemakaian komputer yang terlalu sering menjadi salah satu penyebab yang paling banyak terjadi untuk penyakit persendian pergelangan tangan ini. Penggunaan komputer secara rutin ternyata memicu CTS dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada tiga jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah).Hati-hati jika Anda sudah merasa rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan. Jari tangan terasa tidak enak,kebas,sering pegal dan atau nyeri Dada berkurang dan lama-lama fungsi tangan akan hilang. Dan, akibatnya akan sering terbangun di malam hari karena tangan terasa nyeri dan sering disertai kesemutan. Bila sudah sangat parah benda yang dipegang tiba-tiba bisa terlepas begitu saja dan susah menggenggam dan mengepalkan tangan. Jangan dianggap enteng dengan masalah CTS ini karena bisa saja CTS mengakibatkan putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali.
CTS Menyerang pada terowongan karpal seperti gambar:
Penatalaksanaan Fisioterapi pada Carpal Tunnel Syndrom
1.Parafin bath
Adalah salah satu modalitas fisioterapi yang dapat diberikan pada penderita carpal tunnel syndrom
2.Exercise therapy
Exercise therapy merupakan suatu bentuk latihan untuk memulihkan kembali gerak dan fungsi tangan kembali seperti normalnya.

Pencegahan pada Carpal Tunnel Syndrom adalah dengan cara
mengetahui bagaimana duduk yang benar dan baik serta posisi tangan pada saat menggunakan keyboard atau mouse.
- Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm,
- Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata,
- Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor,
- Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat (lihat gambar) begitu juga kaki,
- Atur bangku anda sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard,
Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan anda ,
- Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan anda,
- Gunakan penyangga kaki bila diperlukan,
- Gunakan kursi yang dapat menyangg



MAKANAN SEHAT ALAMI untuk Tumbuh Kembang BAYI SEHAT & CERDAS
JANGAN MENIUP MAKANAN BAYI

Sebelum diberikan pada bayi, sebaiknya makanan panas disisihkan
dahulu hingga hangat. Hindari meniup makanan bayi sebelum disuapkan karena bisa menularkan kuman dari mulut Anda ke dalam tubuh bayi. Makanan sehat alami yang Anda siapkan sendiri di rumah lebih sesuai dengan fungsi sistem pencernaan bayi yang masih rentan. Karena tanpa tambahan food additives sintetis seperti esens, perasa, dll.sebagaimana lazim dibubuhkan ke dalam makanan instan, makanan sehat alami tidak membebani sistem pencernaan bayi, terutama liver dan ginjalnya. Keunggulan lain makanan sehat alami adalah tidak memicu terjadinya kegemukan, karena terbuat dari bahan segar tanpa tambahan food additives sintetis serta gula berlebihan yang bersifat toksin bagi tubuh. Seluruh resep sehat alami yang rasanya manis dalam buku ini dibuat tanpa tambahan gula, tetapi menggunakan bahan-bahan yang secara alami sudah berlimpah dengan gula. Memberikan makanan sehat alami sejak dini memberikan pencegahan pada anak-anak kita agar mereka kelak jauh dari risiko penyakit akibat gangguan metabolisme, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dll.

1 komentar: