Jumat, 24 April 2009

LOW BACK PAIN

BULETIN FISIOTERAPI

LOW BACK PAIN
(NYERI PUNGGUNG BAWAH)

STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP
2009

LOW BACK PAIN
( NYERI PUNGGUNG BAWAH )
Tahukah anda bahwa tanpa disadari banyak organ tubuh anda bekerja 24 jam nonstop? Punggung adalah salah satunya. Karena itu, kesehatan punggung harus selalu dijaga, di antaranya dengan berolahraga dan menghindari stress. Bukti punggung bekerja 24 jam adalah ketika anda dalam keadaan tidur, punggung tetap menjalankan fungsinya untuk senantiasa menjaga postur tubuh anda. Mengingat punggung bekerja selama 24 jam, seringkali anda lupa memberinya perhatian. Coba hitung berapa kali anda olah raga dalam seminggu, merasa stress atau berapa menit anda berdiri atau duduk dalam sehari? Semua jawaban pertanyaan di atas sangat berhubungan dengan kesehatan punggung anda. Pada saat tidur, sangat sedikit cairan yang keluar dari diskus. Itulah sebabnya kita sering mengalami kekakuan otot ketika baru bangun tidur. Gerakan mendadak yang dilakukan sewaktu baru bangun tidur dapat mengakibatkan cedera punggung. Banyak orang yang tidak menyadari kalau mereka sesungguhnya selalu 'mempekerjakan' punggungnya setiap kali duduk, berdiri ataupun berbaring. Jadi punggung bekerja non stop selama 24 jam sehari.
Penanganan fisioterapi:
Modalitas fisioterapi yang dapat digunakan untuk menangani kasus low back pain ini antaralain:
1.Elektrotherapi : berupa infrared, Short Wave Diatermi,Ultrasound. Pemilihan modalitas tergantung kondisi.
2.Back Exercise :William fleksi dan Mac Kenzy
3.Pengaturan postur sewaktu duduk, activity daily living.
Cara mengatasi nyeri punggung :
a. Bbersikap rileks dan sejenak menjauhi rutinitas.
b. Mempelajari cara mengangkat beban, berdiri, duduk dan berbaring dengan benar.
c. Olahraga teratur, bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot-otot dan sendi punggung.
d. Jalani gaya hidup sehat, dengan belajar mengatasi stress dan men-jaga berat badan seimbang.
Exercise untuk Low back Pain



TAHUKAH ANDA
Beberapa TIPS untuk bayi anda:
1. ASI makanan terbaik untuk bayi sampai berumur 4-6 bulan. ASI adalah makanan alamiah. Prinsip umum adalah aman memberikan sesuatu yang alamiah kecuali Anda betul-betul pasti mengetahui cara yang lebih baik.
2. Perlukah bayi Anda diberikan air putih? Sebetulnya tidak terlalu penting, karena telah ada air di dalam ASI atau susu formula yang diberikan. Bila memberikan air putih pastikan air tersebut dimasak dengan baik.
3. Pemakaian Pampers saat ini dikaitkan dengan meningkatnya risiko terjadinya infeksi saluran kemih.
4. Bayi yang mendapat ASI mulanya akan mengalami beberapa kali buang air besar sehari. Pada usia yang lebih besar, bayi yang mendapat ASI masih normal mengalami buang air besar selang sehari sepanjang kotoran yang keluar tetap lunak dan bayi tidak kesakitan mengeluarkannya.
5. Bayi yang mengisap jari/jempol dihubungkan dengan kurang puasnya bayi menetek.
Tidak terlalu meresahkan, memang. Tapi tahukah Anda kalau gejala-gejala tersebut pertanda anda mengidap PPOK?
Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau lebih dikenal dengan 'chronic cough' adalah penyakit yang disebabkan penyempitan jalannya udara di paru-paru. Pada tahap awal,penderitanya menganggap sepele gejala-gejala diatas. Sampai akhirnya keadaan mereka terus memburuk dan berakhir dengan kematian. Penderita PPOK di dunia telah mencapai 600juta orang,dan 2,75 juta diantaranya meninggal dunia.
Gejalanya :
* Batuk Perokok, keluhan terutama pada saat bangun tidur yang merupakan gejala bronkitis kronis.
* Batuk berlendir yang kronis paling sedikit selama 3 bulan untuk bisa dikatakan bronkitis kronis.
* Napas terengah-engah, kesulitan bernapas dan napas berbunyi disertai dengan sesak napas.
* Jika keadaan semakin parah menderita akan mengeluh lemah badan, seolah-olah seperti tidak bertenaga.

TENTANG CINTA
Sesuatu yang baik, belum tentu benar.
Sesuatu yang benar, belum tentu baik.
Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga.
Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.
Agama menjadi sendi hidup, pengaruh menjadi penjaganya. Kalau tidak bersendi, runtuhlah hidup dan kalau tidak berpenjaga, binasalah hayat. Orang yang terhormat itu kehormatannya sendiri melarangnya berbuat jahat. -Pepatah Arab
Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya kerna kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, kerna hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah.
Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum per- nah kita miliki sampai kita mendapatkannya.
Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakan. Kita tidak dapat meneruskan hidup dengan baik jika tidak dapat melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.

1 komentar:

  1. Moustache Replacement Surgery and Peripheral Repair
    Peripheral columbia titanium boots replacement surgery is the most popular procedure that can titanium phone case be titanium tube performed for a few weeks titanium nail in tungsten titanium a day.

    BalasHapus